Tips Penting Membersihkan Mobil di Masa Pandemi

Tips Penting Membersihkan Mobil di Masa Pandemi

Desember 11, 2020 0 By nerdi

Mobil merupakan salah satu benda yang sangat penting untuk dibersihkan, khususnya selama pandemi. Pasalnya, mobil sangat mudah terpapar virus maupun bakteri karena itulah sangat penting untuk dibersihkan secara rutin. Untuk itu, khusus untuk Anda yang memiliki mobil, entah itu mobil baru maupun mobil bekas Jakarta, wajib menyimak tips-tips berikut jika ingin membersihkan mobil supaya terhindar dari paparan virus dan bakteri.

1. Gunakan sabun khusus mobil. Menggunakan sabun khusus untuk mobil dipercaya bisa membantu membersihkan bakteri dan virus yang terdapat di dalam maupun luar mobil. Untuk itulah, Anda disarankan menggunakannya ketika membersihkan mobil kesayangan Anda. Jika merasa kurang yakin dengan sabun mana yang akan Anda gunakan untuk membersihkannya, maka cobalah terlebih dahulu pada permukaan mobil yang tidak mudah terlihat.

2. Gunakan tisu disinfektan. Jangan lupa membersihkan benda-benda yang sering tersentuh. Misalnya saja, setir, kunci, tombol-tombol kontrol audio dan power, kaca spion, dan lain-lain. Ketika membersihkannya, sebaiknya gunakan tisu disinfektan untuk menghindari supaya permukaan maupun sistem elektonik mobil tidak rusak.

Pastikan untuk tidak menggunakan produk pembersih berbahan dasar amoniak pada layar sentuh mobil Anda karena bisa mengurangi lapisan anti silau pada bagian layar tersebut.

3. Pakai pembersih yang tepat. Saat membersihkan mobil, jangan sampai mengabaikan bagian karpet, jok mobil terutama jok baris pertama dan kedua. Gunakan cairan pembersih untuk membersihkannya seperti pembersih khusus untuk benda berbahan kulit, sampo khusus jok, hingga tisu disinfektan yang tidak mengandung pemutih.

Jika Anda ingin membersihkan bagian interior yang menggunakan bahan kulit yang lebih tebal seperti karpet, kursi, dan headliner maka sebaiknya gunakan tisu pembersih makeup. Hindari menggunakan bahan pembersih yang mengandung pemutih, aseton, alkohol dan minyak tanah karena dapat merusak permukaan interior mobil.

4. Pakai sarung tangan. Saat membersihkan mobil, pakailah sarung tangan sekali pakai untuk mencegah paparan virus. Dengan menggunakan sarung tangan ini, maka Anda bisa dengan aman mengambil sampah maupun tisu bekas yang biasanya tertinggal di dalam mobil. Jika sudah membersihkannya, lepaskan sarung tangan tersebut dan buanglah langsung ke tempat sampah.

Itulah dia tips-tips yang bisa Anda terapkan ketika membersihkan mobil. Sebagai langkah pencegahan, cucilah tangan Anda menggunakan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah mengemudi.