Tips Memilih Oli Samping Untuk Kendaraan 2 Tak

Tips Memilih Oli Samping Untuk Kendaraan 2 Tak

Januari 20, 2021 0 By nerdi

Secara umum, kendaraan roda dua di Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu motor 2 tak serta motor 4 tak. Dibandingkan dengan kendaraan pada umumnya, motor 2 tak ini dikenal memiliki tenaga yang sangat besar sehingga berpengaruh pada performanya yang prima. Untuk mendukung performa tersebut tentu saja tidak pernah terlepas dari peran oli samping terbaik untuk harian yang akan membantu dalam mendukung kinerja mesin kendaraan roda dua.

Perlu dipahami bahwa kinerja oli samping ini sangat berbeda dengan oli mesin pada umumnya. Jika oli mesin melumasi hampir seluruh komponen mesin yang bergesekan, oli samping hanya akan masuk pada bagian silinder ataupun ruang engkol bersama bahan bakar dan melumasi kedua komponen tersebut. Selanjutnya, kedua unsure tersebut akan bercampur dan mengalami proses pembakaran yang menghasilkan asap dan terbuang melalui lubang yang tersedia.

Peran oli samping pada kendaraan bermotor 2 tak bisa dikatakan sebagai nyawa karena ketika oli ini habis maka akan menyebabkan dampak buruk pada kendaraan. Disebutkan bahwa proses pembakaran menjadi tidak maksimal serta menyebabkan kinerja piston terganggu. Menyikapi hal tersebut, pastikan untuk mengecek kondisi oli samping dan memilih produk terbaik untuk performa kendaraan 2 tak.

Tips jitu memilih oli samping berkualitas

Mengingat perannya yang sangat penting untuk mendukung kinerja kendaraan 2 tak, kini saatnya Anda harus cerdas dalam memilih oli samping yang berkualitas. Kesalahan dalam memilih oli samping akan menyebabkan permasalahan baru yang memaksa Anda untuk mengeluarkan biaya cukup banyak saat melakukan proses perbaikan. Berikut beberapa cara memilih oli samping.

1. Sesuaikan dengan adanya pemakaian kendaraan

Untuk jenis kendaraan 2 tak harian, akan sangat direkomendasikan untuk memilih oli samping harian. Sangat tidak disarankan untuk memasukkan jenis oli racing yang kerap kali digunakan pada kendaraan balap. Kondisi ini dikenal dengan overspec yang nantinya akan berpengaruh pada kinerja mesin kendaraan 2 tak Anda hingga menyebabkan kinerja mesin menjadi kurang maksimal seiring dengan berjalannya waktu.

2. Pertimbangkan bahan baku pembuatan

Saat ini oli samping terdiri dari tiga macam, yaitu oli berbahan air, oli bahan full sintetik dan oli semu sintetik. Ketiga oli tersebut memiliki perbedaan dari bahan penyusun hingga kinerjanya dalam memberikan pelumas serta membuat mesin tidak cepat panas. Masing-masing kendaraan 2 tak dilengkapi dengan manual book yang menjelaskan informasi spesifikasi oli samping yang direkomendasikan. Jika demikian, pastikan untuk selalu memilih jenis oli yang sesuai.

3. Jangan abaikan kualitas oli samping

Oli samping dibuat dengan standard yang beragam seperti standard JASO, SAE, API dan ISO. Untuk standard JASO dibuat oleh perusahaan Jepang. Sedangkan standard SAE lebih mengarah pada tingkat viskositas oli tersebut. Untuk standard API ini dibuat oleh perusahaan Amerika serta standard ISO lebih dikenal di Eropa. Dari berbagai standard tersebut, masing-masing kendaraan motor 2 tak dilengkapi dengan spesifikasi dan standardisasi pada manual book untuk dijadikan pertimbangan.

Pada dasarnya, untuk memilih oli kendaraan 2 tak ini tidaklah sulit selama Anda selalu berpaku pada informasi yang diberikan pada manual book. Namun demikian, untuk menghasilkan kinerja yang terbaik dan mendukung performa, pastikan untuk tidak memilih oli yang di atas ataupun di bawah standard yang ditetapkan. Jika Anda tetap melakukannya, maka kondisi mesin akan mengalami penurunan dalam hitungan beberapa tahun saja.