Peran Jasa Logistik Dalam Kemajuan Bisnis E-Commerce Indonesia

Peran Jasa Logistik Dalam Kemajuan Bisnis E-Commerce Indonesia

Desember 19, 2019 0 By nerdi

Bisnis e-commerce di Indonesia telah mengalami banyak perkembangan yang pesat. Hal itu dapat disaksikan sejumlah tahun terakhir bahwa bisnis e-commerce ini menjadi suatu trend dan menjadi sebuah kesempatan dalam berbisnis di masyarakat.

Pada dasarnya e-commerce mengerjakan sourcing dan pengiriman. Tujuan dari sourcing ialah mendapatkan dagangan dari merchant atau supplier guna diperdagangkan secara online, sedangkan delivery menjadi urusan yang sangat penting karena delivery ini meyakinkan yang dipesan customer bisa dikirim tepat waktu oleh jasa logistik.

Pertumbuhan e-commerce yang begitu cepat dapat membuat peluang untuk perusahaan yang bergerak di bidang bisnis e-commerce. Peluang dapat dilakukan oleh semua pelaku usaha e-commerce sampai-sampai dapat bekerja sama dengan perusahaan penyedia jasa logistik untuk menyerahkan solusi persoalan pengelolaan logistik e-commerce yang dapat disaksikan dari aspek quality, cost, dan time.

Pengiriman logistik e-commerce membutuhkan strategi kolaborasi antarpengusaha supaya pelayanan menjadi lebih baik khususnya untuk Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Berdasarkan hasil riset Ernst & Young dalam studi Roadmap E-commerce Indonesia yang dikases di ekonomi.bisnis.co, bisnis e-commerce diduga meningkat 10 kali lipat dari tahun 2015 sampai 2020 dan menjangkau angka Rp1.800 triliun. Untuk pengusaha jasa logistik barang. Hal itu dapat menjadi potensi besar yang disertai dengan sistem yang kuat.

Di samping itu, bisnis e-commerce butuh strategi pemasaran yang komprehensif. Strategi ini bertujuan untuk perkembangan dari bisnis e-commerce sendiri supaya mampu bersaing. Hal itu menjadi perhatian besar untuk pelaku usaha e-commerce di Indonesia guna mengidentifikasi tujuan, visi dan misi, mengindentifikasi target pelanggan, rencana promosi multi-channel, dan sebagainya. Multi-channel marketing adalah strategi yang efektif untuk unik audience yang lebih besar.

Perkembangan teknologi kini memberikan kemudahan di seluruh sektor, di mana pelaku jasa logistik pun memakai teknologi terkini sebagai penunjang kinerja. Di antaranya dengan memakai jaringan satelit atau Global Positioning System (GPS) guna melacak barang yang bakal dikirim. Di samping* itu, dengan memakai GPS pelaku usaha dapat mengurangi pengeluaran sebab dapat mengontrol situasi barang secara langsung.

Keberadaan satelit GPS dapat menolong dan meningkatkan jasa logistik secara optimal dan meminimalisir risiko, terutama ketika proses logistik dalam jumlah besar. Penggunaan GPS bisa melacak secara real-time dimanapun dan kapanpun.

Terdapat sejumlah keunggulan dari pemakaian GPS untuk para pelaku jasa logistik, di antaranya:

• Mempermudah ekspedisi pesan meskipun berada di lokasi yang susah dijangkau
• Keamanan dan kenyamanan lebih terjamin
• Keamanan dan kenyamanan ialah faktor utama dalam proses pengiriman. Hal itu perlu pengontrolan sistem komunikasi dan kelengkapan lainnya serta dapat memahami posisi barang, armada, dan semua pekerja secara real-time di kantor pusat.Di samping itu, dengan memasang GPS dapat memahami temperatur benda tertentu yang bakal dikirim. Data yang tersimpan pun bakal lebih aman dan gampang untuk diketahui dimanapun dan kapanpun andai memasang GPS.
• Sistem yang terintegrasi secara baik
• Menggunakan GPS dan mengintegrasikannya dengan aplikasi milik perusahaan ini dapat mendapat informasi secara berkesinambungan. Penggunaan GPS yang terintegrasi dengan software itu dapat mengurangi risiko rusaknya barang sampai ke lokasi pengiriman.
• Kenyamanan dalam berkomunikasi
• Pengiriman melewati jalur darat dan laut mewajibkan*untuk mempunyai dua jalur komunikasi, yakni jalur telekomunikasi guna jaringan radio navigasi dan komunikasi teresterial.