Menangani Penderita Diabetes dengan Cara yang Tepat

Menangani Penderita Diabetes dengan Cara yang Tepat

Desember 18, 2019 0 By nerdi

Jika ada orang terdekat yang menderita diabetes, maka penanganan secara khusus perlu Anda berikan. Sebab, saat seseorang menderita diabetes mereka perlu memperhatikan betul makanan yang dikonsumsi hingga pola hidup yang dijalaninya sehari-hari. Salah penanganan akan membuat kadar gula dalam darahnya meningkat hingga akhirnya berujung pada komplikasi.

Untuk menjaga seorang pasien diabetes, diperlukan pengetahuan mengenai bagaimana cara menyembuhkan penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia ini. Sebab, merawat pasien diabetes tidak sekadar memberikan obat dengan beli saja di goapotik melainkan juga membutuhkan perhatian khusus agar penyakitnya tidak menjadi komplikasi dikemudian hari.

Pahami Jenis Diabetes

Diabetes selama ini dianggap sebagai penyakit bagi orang-orang yang kelebihan gula. Anggapan ini jelas bukan suatu hal yang salah mengingat kadar gula dalam darah jadi salah satu indikator utama apakah seseorang bisa menderita diabetes melitus atau tidak. Tapi, lebih dari sekadar kelebihan gula darah, diabetes juga perlu dikenali terutama tipe diabetes manakah yang diderita.

Pada dasarnya, ada dua jenis diabetes yang umum diderita oleh setiap orang yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Pada kondisi diabetes melitus tipe 1, tubuh kekurangan insulin atau bahkan tidak memproduksi insulin sama sekali. Insulin berguna untuk mengubah glukosa atau gula menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara itu, diabetes tipe 2 terjadi ketika sel tubuh menjadi kebal atau tidak lagi responsif terhadap hormon insulin hingga mengakibatkan gula darah meningkat. Keduanya punya metode pengobatan yang berbeda dan perlu diketahui terlebih dahulu.

Mengatur Pola Makan Sebaik Mungkin

Pola makan sangat menentukan bagaimana kadar gula dalam tubuh seseorang. Saat pola makan Anda dibuat teratur, maka kadar gula dalam darah akan lebih terjaga. Termasuk dalam hal pengaturan pola makan secara rutin setiap harinya.

Usahakan untuk selalu membuat jadwal mengenai jadwal makan setiap harinya. Penderita diabetes sebaiknya tidak melewatkan momen sarapan, makan siang dan makan malam untuk mengembalikan energi dalam tubuhnya. Usahakan untuk makan di waktu yang sama setiap harinya agar proses pencernaan jadi lebih teratur. Pengaturan pola makan yang dibuat secara rutin sangat berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap berada pada batas yang wajar.

referensi artikel : https://www.guesehat.com/terapi-endovaskular-pengobatan-luka-diabetes-tanpa-diamputasi