Ketahui Cara Mengatur Keuangan dengan Baik untuk Pebisnis

Ketahui Cara Mengatur Keuangan dengan Baik untuk Pebisnis

September 18, 2020 0 By nerdi

Manajemen keuangan merupakan faktor penting yang menentukan apakah bisnis dapat terus dijalankan atau mungkin dihentikan. Setiap pelaku bisnis harus tahu seberapa pentingnya mengatur keuangan usaha. Salah satunya adalah sebagai dasar dalam mengambil keputusan terkait pengembangan bisnis berdasarkan analisis dari laporan keuangan.

Misalkan hanya usaha kecil-kecilan, Anda tetap perlu memisahkan keuangan usaha dan pribadi sebagai profesionalitas dalam berbisnis. Hal ini bertujuan memudahkan Anda dalam memantau perkembangan bisnis, apakah sudah balik modal atau belum. Karena keuntungan merupakan bukti bahwa bisnis Anda telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Berikut adalah 4 tips mengatur keuangan agar bisnis berjalan lebih efektif.

Membuat Rekening Khusus Bisnis

Sebelum memulai bisnis, membuat rekening khusus atas nama usaha merupakan langkah yang tepat, apalagi kalau bisnis Anda sudah cukup berkembang. Tujuannya adalah memantau arus kas keuangan yaitu pemasukan dan pengeluaran dengan lebih mudah, sehingga kegiatan usaha tidak macet di tengah jalan. Manfaat lain dari pembuatan rekening ini adalah memudahkan Anda sewaktu mengajukan pinjaman bisnis, karena terdapat bukti transaksi keuangan yang jelas.

Maksimalkan Pengelolaan Keuangan

Pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan pembukuan keuangan sederhana yaitu cukup mencatat pemasukan dan pengeluaran saja. Namun, Anda harus memaksimalkan pembukuan tersebut dengan tambahan transaksi lain seperti hutang piutang, tagihan hingga investasi barang saat memulai usaha. Langkah ini memang terkesan rumit, tetapi sebagai pebisnis Anda harus memahaminya agar bisnis berjalan lebih efektif.

Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Langkah selanjutnya dalam mengatur keuangan bisnis adalah melakukan evaluasi kondisi keuangan setiap periode waktu tertentu. Tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan bisnis dalam melunasi tanggungan jika memang ada, kemampuan bisnis dalam menghasilkan laba dalam periode waktu yang telah ditentukan. Juga sebagai laporan pertanggung jawaban dari semua transaksi keuangan yang dilakukan.

Memaksimalkan Keuntungan yang Diperoleh

Tips selanjutnya, alokasikan keuntungan ini untuk hal-hal yang bermanfaat untuk kelanjutan bisnis. Salah satunya dengan memakai persentase alokasi pembagian keuntungan agar hasilnya maksimal. Gunakan 40% keuntungan untuk tambahan modal, 30 % untuk keuntungan pribadi, 20% untuk cicilan tanggungan, dan 10% terakhir untuk investasi.

Itulah keempat tips mudah mengatur keuangan bisnis dengan baik, mengingat manajemen keuangan merupakan kunci dari kesuksesan dari bisnis itu sendiri. Laba atau rugi yang terjadi dalam bisnis, hal itu dipengaruhi oleh bagaimana pengaturan keuangan yang dilakukan. Semakin bagus perencanaan yang disiapkan, peluang mendapatkan hasil sesuai target juga semakin tinggi. Nah, sekarang keuangan bisnis bisa lebih mudah dan dapat dilakukan kapan pun, dengan aplikasi keuangan gratis BukuKas. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mencatat pemasukan, pengeluaran, catatan hutang hingga mendapatkan laporan keuangan dengan lebih mudah. Karena data transaksi keuangan yang di-input akan disimpan dan dihitung otomatis dalam waktu singkat. Jadi, download aplikasinya sekarang dan maksimalkan bisnis Anda dengan pencatatan keuangan.