Kemanakah kita mengajukan Izin Usaha ?

Kemanakah kita mengajukan Izin Usaha ?

Agustus 23, 2019 0 By nerdi

Mengurus izin usaha untuk semua jenis bisnis termasuk sangat wajib dilakukan. Kepemilikan ijin usaha memberikan segala kemudahan yang tidak mungkin diberikan kepada usaha yang tidak memiliki legalitas resmi. Mengurus perizinan usaha memang harus menjadi prioritas pertama yang harus dikerjakan. Sebab ijin usaha yang dimiliki secara resmi memberikan dampak positif untuk kemajuan usaha dalam jangka panjang. Tanpa adanya ijin usaha yang diperoleh secara resmi, bukan tidak mungkin perjalanan bisnis menjadi semakin sering terhambat. Ketika sebuah bisnis berjalan dengan lambat bukan tidak mungkin para pengusaha akan kesulitan untuk mengembangkan bisnisnya dengan lebih baik.

 

Bagi para pengusaha yang ingin mengajukan ijin usaha, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mengurus ijin usaha secara resmi. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan mengurus ijin usaha dan tempat kepengurusannya:

 

  • Bagi anda yang belum mengetahui perihal ijin usaha, ada beberapa jenis ijin usaha yang bisa diurus. Jenis pertama adalah jenis SIUP kecil. Jenis SIUP ini diperuntukkan bagi para pengusaha yang memiliki jenis usaha kecil definisi usaha kecil adalah usaha yang memiliki nilai modal sekitar dibawah 200 juta. Jenis kedua adalah jenis SIUP menengah. Jenis Siup ini diperunttukan bagi para pemilik usaha menengah. Definisinya adalah para pengusaha yang memiliki nilai modal untuk berdirinya usaha sekitar 200 hingga 500 juta. Sedangkan untuk SIUP besar adalah SIUP yang harus dimiliki oleh pengusaha bermodal besar yakni di atas 500 juta.

 

  • Bagi anda yang ingin mengurus perijinan untuk usaha, maka anda bisa mengurusnya secara langsung di dinas perdagangan secara langsung. Atau apabila mengalami kesulitan, bisa juga mengurusnya di badan pelayanan perijinan terpadu. Kedua instansi pemerintah ini akan membantu anda untuk mendapatkan ijin untuk menjalankan dan mendirikan usaha. Kedua instansi tersebut merupakan instansi resmi yang khusus mengurusi permasalahan ijin usaha perdagangan. Sehingga anda tidak perlu berkunjung dan bingung lagi untuk mengurus perijinan untuk menjalankan usaha. Hanya perlu menuju ke kedua instansi tersebut untuk melayani anda.

 

  • Cara untuk mendapatkan ijin usaha sangat mudah. Langkah pertama anda bisa mulai bertanya perihal persyaratan untuk mendirikan usaha. Seperti persyaratan dokumennya. Termasuk di dalamnya adalah bagaimana formulir pendaftarannya bisa diperoleh. Anda hanya perlu ke instansi terkait untuk meminta formulir pendaftaran usaha kemudian mempersiapkan dokumen apa saja yang diperlukan untuk melegalkan usaha yang anda miliki. Pengambilan formulir pendaftaran tidak akan memakan waktu yang lama. jika sudah mengambil formulir pendaftaran segera isi kemudian lengkapi dokumennya untuk bisa mendaftarkan usaha yang anda miliki. Pastikan seluruh dokumen yang diperlukan sudah lengkap sebelum menyerahkan dokumen beserta formulirnya ke dinas perdagangan untuk memperoleh ijin usaha yang anda butuhkan.

 

  • Pembuatan SIUP biasanya akan ada biaya yang akan dikenakan kepada Anda. Besaran biaya yang diperlukan atau yang harus dibayarkan tentu saja bervariasi bergantung kepada daerahnya masing-masing. Biasanya fee untuk pembuatan dokumen ijin usaha akan menjadi pemasukan untuk daerah yang bersangkutan. Biasanya untuk jumlah fee tersebut digunakan untuk proses pencetakan dokumen SIUP dan juga digunakan sebagai bagian penting dalam pendapatan daerah yang bersangkutan. Setelah fee untuk pencetakan SIUP dibayarkan lunas, maka dokumen SIUP sudah bisa diambil dan digunakan sebagai dasar untuk menjalankan usaha.

 

Proses pembuatan ijin usaha memang sebenarnya tidak begitu sulit. Manfaatnya yang besar membuat setiap usaha diwajibkan untuk memiliki SIUP sebagai tanda bahwa usaha yang dijalankan sudah terdafar secara resmi. Proses pembuatan yang mudah, cepat dan efisien tentu saja mempermudah para pengusaha yang ingin melegalkan usahanya baik yang menjalankan secara online maupun yang menjalankan secara offline. Biasanya untuk proses pencetakan dokumen siup hanya akan membutuhkan waktu selama kurang lebih 2 minggu saja. Jika tidak sempat mengurus sendiri, maka anda bisa meminta bantuan orang lain yang anda percaya untuk mengurusnya. Tentu saja anda harus menyertakan pernyataan bermaterai bahwa pengurusan ijin usaha yang anda butuhkan. Tentunya hal ini wajar dilakukan untuk anda yang sibuk mempersiapkan kegiatan usahanya secara langsung.