Berbagai Tipe Genset

Berbagai Tipe Genset

Oktober 2, 2020 0 By nerdi

 

Generator Set atau yang biasa kita sebut dengan genset adalah mesin yang terdiri dari generator (pembangkit listrik) dengan mesin penggerak yang dibuat menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan tenaga listrik dengan daya tertentu. Prinsip kerja dari generator adalah mengubah energi kinetik menjadi energi listrik.

Generator Listrik / Genset ditemukan pertama kali oleh Michael Faraday tahun 1831. Saat itu, generator listrik pertama kali dibuat dalam bentuk kawat besi berbentuk huruf “U” yang dililitkan ke gulungan kawat. Generator ini dikenal dengan sebutan generator cakram faraday. Ada 2 komponen utama pada genset /generator listrik yaitu bagian yang diam (stator) dan bagian yang bergerak (rotor). Rotor akan selalu berhubungan dengan poros generator yang memutari pusat stator. Lalu poros generator listrik tersebut biasanya diputar menggunakan turbin air ataupun turbin uap. Berdasarkan arus yang dihasilkan, generator listrik atau genset dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu generator listrik dinamo (DC) dan generator listrik alternator (AC).

Generator Listrik Alternator (AC)

Pada generator listrik alternator (AC), kutub-kutub magnet yang berlawanan saling dihadapkan akibatnya diantara kedua kutub magnet itu menghasilkan medan magnet. Didalam medan magnet, terdapat kumparan yang selalu berputar pada porosnya. Karena kumparan ini selalu berputar, jadi jumlah gaya magnet yang masuk kedalam kumparan akan berubah-ubah juga. Sifat arus listrik yang dihasilkan oleh generator AC ini memiliki jenis bolak balik dengan bentuknya seperti gelombang. Amplitudonya bergantung pada kekuatan medan magnet, jumlah lilitan kawat dan juga luas penampang kumparannya serta frekuensi putaran kumparan sama dengan frekuensi gelombangnya.

Generator Listrik Dinamo (DC)

Cara kerja genset listrik DC mirip dengan cara kerja generator listrik AC. Yang membedakan hanya pada generator listrik DC ini menggunakan sebuah cincin belah atau yang biasa disebut dengan komutator dibagian outputnya. Komutator ini memungkinkan arus listrik induksi yang dialirkan ke rangkaian listrik berupa arus listri DC meskipun kumparan yang berada di dalamnya menghasilkan arus listrik AC.

Jenis-Jenis Mesin Generator Set (Genset)

Mesin Genset Gas : Mesin genset jenis ini memakai bahan bakar gas untuk menyalakannya seperti LPG (Liquid Petroleum Gas) dan CNG (Compressed Natural Gas), biasanya jenis gensit gas digunakan untuk perusahaan-perusahaan industri.

Mesin Genset Diesel : Jenis mesin genset ini banyak digunakan secara umum dan mudah ditemukan produknya. Umumnya, mesin genset ini memiliki kapasitas dari 5KW (5000 Watt) sampai 2MW (2.000.000 Watt). Mesin genset diesel memiliki 2 sampai 16 Silinder.

Mesin Genset Bensin : Mesin genset tipe ini menggunakan bahan bakar dari bensin dan mempunyai kapasitas maksimum 10 KW

Apabila anda tertarik menggunakan genset untuk keperluan rumah tangga maupun industry dapat juga melakukan sewa tanpa harus membeli genset, anda dapat menghubungi rental genset terdekat untuk mendapat genset sesuai kebutuhan. Kunjungi https://sewatama.com/ untuk mengetahui informasi lebih banyak lagi mengenai genset.