Klub Sepak Bola Indonesia Pertama yang ‘Merumput’ di BEI Bali United

Klub Sepak Bola Indonesia Pertama yang ‘Merumput’ di BEI Bali United

Juni 21, 2019 0 By nerdi

Tuntutan di dunia sepak bola modern yang semakin profesional membuat Bali United terus melakukan langkah maju. Terbaru, Bali United resmi menjadi klub sepak bola profesional pertama di Indonesia yang go public.

PT Bali Bintang Sejahtera Tbk, perusahaan yang memiliki dan mengelola Bali United resmi menjadi perusahaan publik ke-632 yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Langkah ini menjadikan Bali United sebagai klub sepak bola pertama di Asia Tenggara yang go public.

Dengan perolehan dana sebesar Rp350 miliar, PT Bali Bintang Sejahtera resmi mencatatkan sahamnya di BEI. Dengan kode saham BOLA, PT Bali Bintang Sejahtera melepaskan 2 miliar saham, atau setara 33,33 persen pada harga penawaran perdana yang ditetapkan sebesar Rp175,- per saham.

“Dengan dilepasnya saham Bali United untuk umum, akan semakin banyak pihak yang bisa mendukung tercapainya visi dan misi Bali United untuk meraih sukses yang berkelanjutan dengan terus berinovasi, baik di bidang sepak bola maupun industri olahraga dan hiburan secara luas. Tentu saja termasuk para suporter yang kali ini dapat berperan lebih aktif dalam memperbesar Bali United untuk mencapai tujuannya,” ujar CEO Bali United, Yabes Tanuri seperti dilansir situs resmi klub.

Bali United telah melakukan penawaran umum perdana (IPO) pada 10 hingga 12 Juni di Denpasar, Bali. Ternyata tak hanya diminati oleh investor pasar modal, para penggemar Bali United oun begitu antusias untuk menjadi pemegang saham sehingga terjadi kelebihan permintaan hingga 110 kali lipat dari porsi penjatahan terpusat saham yang ditawarkan kepada masyarakat.

Seperti diungkapkan oleh Yabes Tanuri, bahwa Bali United memiliki visi dan misi meraih sukses berkelanjutan dengan terus berinovasi, baik di bidang sepak bola maupun industri olahraga dan hiburan, PT Bali Bintang Sejahtera memiliki entitas anak untuk mengimplementasi visi dan misi tersebut, yaitu lewat PT Bali Boga Sejahtera, PT Kreasi Karya Bangsa, PT Radio Swara Bukit Bali Indah, dan PT IOG Indonesia Sejahtera.

Plt Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, menyambut positif langkah Bali United untuk go public. Menurut Iwan, ini menjadi sinyal bahwa industri sepak bola Indonesia semakin berkembang dan maju.

“Brand Bali United tentu akan semakin positif sebagai klub profesional dengan dukungan besar penggemar. PSSI akan selalu mendukung dan berharap akan ada klub lain yang mengikuti langkah Bali United,” kata Iwan.

“Dalam tiga hari masa penawaran umum perdana saham di Denpasar, saya yang sepanjang hari berada di gerai penawaran umum dapat merasakan begitu besarnya antusiasme dari para fans dan supporter Bali United, masyarakat di Bali untuk ‘memiliki’ saham BOLA ini,” tutupnya.